Cara Beli LM (just sharing...)

July 20, 2012

| | |
Menurut para Suhunya Financial Planning, kalo qta mau investasi tapi waktunya ngga terlalu lama (dibawah 3 tahun) salah satu cara investasi yang paling disaranin adalah beli Emas, tapi yang bentuknya Logam Mulia (LM) bukan dalam bentuk perhiasan.

Kalo mau beli LM gmana caranya? Ribet ngga? Pasti Mahal BANGET ya?  :)
Ngga Ribet n Ngga mahal koq (dibandingin nilai investasinya). 
LM resmi Antam yang beredar berbentuk Kepingan dengan berat bervariasi (1gr sampai 250 gr).  Harganya fluktuatif mengikuti harga Emas dunia. di Indonesia harga resmi LM dikeluarkan Antam tiap jam 11 pagi di Websitenya.  Sekarang dah banyak banget tempat yang jual LM. Nie mau share yang Nie tau aj ya....
  1. Langsung di Antam (Pulo Gadung, Jakarta).  Katanya skarang bisa order dulu via online - transfer - tinggal ambil fisiknya.  (Nie blom pernah beli langsung, bisa ceq di Cara Pembelian dan Cara Pembayaran  ya...). Disini qta pilih brapa gram emas yang mau kita beli n LM langsung bisa diambil setelah bayar cash atau debit.
  2. Melalui Pegadaian Syariah. Programnya namanya MULIA, harga pergramnya refer ke harga Antam (ditambah biaya admin dan margin buat Pegadaian), di bandung hampir semua kantor Pegadaian melayani.  Sistemnya qta pilih brapa gram yang mau dibeli, bayar DP (skitar 30% dari total)  dan sisanya dicicil sesuai kemampuan kita (3 - 24 bulan).  Makin lama cicilannya, marginnya smakin besar,  beli cash juga bisa tapi LMnya tetep indent (skitar 2 minggu sampe sebulan) n tetep ada margin.  Kalo terlambat mencicil akan kena denda.
  3. Melalui Bank Syariah (BRIS atau BJB Syariah), Systemnya beli gadai, harga mengikuti Antam.  Jadi kita beli LM via bank, tapi langsung di gadai ke bank itu.  Selisih beli LM dan harga taksiran LM yang harus kita bayar sebagai DP. Sisanya bisa kita cicil sesuai kemampuan (ngga ada nilai tertentu) tapi tiap bulan mesti bayar biaya titip Emas (bervariasi  tiap bank, tapi menurut pengalaman yang paling murah biaya titip emasnya BJB Syariah).
  4. Melalui Toko Mas (Di Bandung bisa beli di Toko Mas B*ana atau J*lita daerah kosambi.  Harga ditentukan oleh Toko Mas tersebut (untuk gram yang besar, bisa lebih murah dari harga Antam). Pembayaran Cash atau bisa pake CC (kalo pas lagi ada promo cicilan 0% kan lumayan...)
  5. Melalui beberapa Perusahaan yang memang bergerak di jasa jual/beli emas kaya G*oldgr*am atau GMI (sebenernya masih banyak lagi, yang laen tanya Om Google aja ya...).  Keduanya punya sistem pembelian dimana qta melakukan kontak buat beli LM dan DPnya min senilai 1 gr LM dihari itu, selanjutnya qta mencicil (min senilai 1 gr LM dihari itu, tapi kalo tidak rutin tiap bulan ga ada denda apapun, max selama 2 tahun).  Nanti setelah lunas baru LM nya bisa diambil.  Harga sesuai yang ditetapkan perusahaan (kadang lebih murah dari Antam).

Nahhhh, ngga susahkan?  Karena banyak masyarakat umum yang berminat buat beli LM, beberapa bank atau perusahaan jadi ngasi kemudahan juga koq...  Yang penting Niat kita buat investasi n lakukan dengan teratur...  Insya Alloh bisa...
Buat awalan, coba deh beli yang gramnya kecil dulu (misalnya 5 gram), setelah LMnya ada di tangan kita, liat seksama.. ciehhhhhh :))  Pasti nagih deh pengen nambah....

0 comments:

Post a Comment